3 LANGKAH MEMBUAT WEBSITE SENDIRI DENGAN MUDAH BAGI PEMULA

membanugn web sendiriIstilah website sudah tidak asing lagi didengar, terlebih lagi saat ini internet adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat banyak. Website dapat dikatakan sebagai segala hal yang ada di internet, baik itu gambar, teks, video, dll. Website sendiri banyak jenisnya seperti blog, web personal, situs media sosial, web toko online, web perusahaan, dll. Mungkin, banyak para pemula yang masih bingung bagaimana cara buat website sendiri? penjelasan terkait tersebut akan dibahas pada artikel ini. 

Cara membuat website sendiri

Bagaimana cara buat website sendiri? jawabannya ada tiga langkah yang perlu dilalui. pertama, memilih platform website, kedua membuat alamat website melalui domain serta hosting, ketiga proses instlasi juga modifikasi. Tiga hal tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Memilih platform website

Untuk memilih platform ini, ada dua cara umum yang bisa dikelompokkan yaitu; membuat website dari awal dan membuat website dengan aplikasi yang ada. Bagi para pemula, membuat website dari awal mungkin terlalu rumit karena anda harus terlebih dahulu belajar bahasa pemrograman. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang pendek. Cara seperti ini biasanya dipakai oleh para expert IT.

Bagi pemula biasanya memilih menggunakan aplikasi yang sudah ada. Inilah yang kemudian disebut dengan membuat website dengan platform atau Content System Management (CMS). Dari CMS tersebut, anda bisa menghapus, menambah, bahkan merubah sekalipun dengan mudah. Banyak jenis platform di dunia digital dan yang paling banyak dipakai seperti WordPress, Drupal, Joomla. Yang lainnya ada Blogger, Shopify, Bitrix, dll. Platform WordPress banyak dipilih karena cocok bagi pemula, gratis, opersource, bisa digunakan untuk website besar maupun kecil, responsive, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Memilih nama domain dan hosting

Langkah kedua yaitu memilih nama domain dan hosting. Domain adalah nama website yang anda miliki nantiny, contoh: www.websiteku.com, sementara hosting adalah tempat anda menyimpan semua file website agar bisa diakses pengunjung seluruh dunia. Jika sebelumnya, platform pada WordPress bisa anda dapatkan secara gratis, berbeda dengan domain dan hosting ini yaitu berbayar, namun harganya masih cukup terjangkau. Memiliki nama domain pada website anda sendiri tentunya lebih terlihat keren. Jika anda memutuskan untuk membeli domain dan hosting juga sudah banyak dijual dengan harga terjangkau. Yang terpenting adalah, anda membaca panduan dengan lengkap dan seksama. Selanjutnya yaitu memilih nama domain website. Anda bisa menyesuaikan dengan jenis usaha anda dan menyertakan produk yang anda jual.

Instalasi dan modifikasi website

Setelah domain dan hosting dibeli, website anda sudah bisa dipakai/diakses online, namun isi masih kosong. Untuk itu, anda perlu melakukan instal WordPress. Caranya bisa dengan One Click Installation dan dengan manual install. Anda bisa ikuti petunjuk yang anda. Selanjutnya untuk mengganti tampilan website bisa masuk ke website dari WordPress misalnya, kemudian cari template atau tema. Selanjutnya, anda bisa membuat konten dan mengatur menu.