Langkah-Langkah Membuat Website Sendiri Bagi Pemula

bikin websiteWebsite masa sekarang ini, bukanlah suatu hal yang tabu. Banyak pengusaha kecil yang sedang merintis usahanya pun menggunakan website sebagai sebuah senjata dalam mengenalkan produknya. Apalagi, hal ini kadang menjadi tolok ukur keprofesionalitasan  suatu  usaha. Selain itu, banyak keuntungan dari memiliki sebuah website bagi seller online, yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah

  1. Tidak terikat waktu

Sebuah website dapat buka 24 jam, tak kenal waktu. Hal ini tentu akan mengatasi perbedaan waktu yang kadang menjadi kendala pembeli untuk melihat barang-barang yang Anda tawarkan.

  1. Jangkauan Luas

Sebuah website dapat diakses dari mana saja, hanya dengan berbekal kuota internet. Hal ini tentu memudahkan pembeli untuk mengakses segala informasi yang mereka cari, yang kemudian akhirnya akan merambah ke website yang Anda miliki.

  1. Pelayanan Mudah

Satu hal lagi yang harus Anda pertimbangkan, kenapa perlu memiliki sebuah website adalah karena website akan memberikan pelayanan yang mudah kepada para pelanggan, sehingga mereka akan puas dengan toko Anda, dan bisa saja merekomendasikannya kepada teman atau koleganya yang lain untuk juga berbelanja di sana.

Lalu, bagaimana cara memiliki sebuah website? Kalau zaman dahulu kala, mereka yang berkutat dengan website biasanya adalah orang-orang yang ahli di bidang pemrograman, tetapi sekarang tidak lagi, karena website lebih mudah dan nyaman untuk para pemula. Dalam artikel ini akan dibahas langkah-langkah membuat website sendiri  yang mudah untuk Anda praktekkan.

  1. Menentukan Domain dan Hosting

Domain merujuk kepada nama website yang ingin dibuat. Sedangkan untuk hosting lebih mengarah kepada tempat dimana Anda  akan menyewa toko yang ada di dunia online untuk menampilkan halaman web yang Ana miliki. Ada dua web hosting yang dikenal, yakni yang berbayar dan tidak berbayar. Tentu masing-masing punya kelebihan dan kelemahannya.

  1. Mengatur Tampilan dan Install Plugin

Untuk mendesain tampilan web, Anda harus juga berhati-hati, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan tampilan browser. Hal ini disebabkan setiap browser memiliki pilihan yang berbeda- beda dalam menampilkan sebuah halaman web. Jangan lupa untuk mengatur juga menu-menu yang tersedia supaya mudah ditemukan pembeli, sehingga tujuan web untuk mengenalkan produk Anda akan terpenuhi .

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Mungkin dalam mendesainnya Anda akan sedikit mengalami kesulitan, karena berbagai error yang terjadi. Tapi, tahan sebentar, bukankah memang perlu latihan supaya benar-benar menguasai? Dan setelah ini, bayangkan berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan setelah memiliki website sendiri. Produk Anda akan lebih dikenal masyarakat sehingga tingkat pendapatan Anda dapat diharapkan meningkat sesuai dengan semakin berkembangnya kemampuan atau keahlian yang Anda miliki. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!